Chuseok (Korean Thanksgiving Day)



Hari ini Senin 8 September 2014 adalah hari biasa buat kita orang Indonesia. Sama seperti hari Senin lainnya yang macet, banyak kerjaan, deadline, dll. Namun, buat orang-orang yang bekerja di perusahaan Korea, hari ini mungkin agak santai. Karena bos-bos Korea-nya pada ngga masuk J

Menurut kalender lunar (kalender yang berdasarkan pergerakan bulan), 8 September 2014 adalah Hari Chuseok (baca: Chusok). Chuseok adalah hari libur resmi di Korea yang dirayakan secara besar-besaran pada bulan ke-8, hari ke-15. Pada Hari Chuseok dilakukan perayaan berupa pesta makan untuk mengucapkan terima kasih atas keberhasilan panen, sehingga juga disebut sebagai Hari Panen, Festival Bulan Musim Panen, atau Hangawi (“han” =”raya”, “gawi”=”tengah”, “hari besar di tengah-tengah musin gugur”.  

Hangawi sudah dikenal sejak lama, yaitu periode awal Kerajaan Silla (57 SM-935). Pada Hari Hangawi, dilakukan perlombaan menenum antar 2 tim. Tim yang menenun paling panjanglah yang menjadi pemenang. Tim yang kalah, hukumannya mentraktir tim yang menang makan makanan yang enak-enak.

Zaman sekarang, perayaan Chuseok menjadi kesempatan orang Korea untuk pulang kampong. Pagi hari, mereka berziarah ke makam leluhur. Arwah leluhur juga disuguhi makanan, minuman, buah-buahan. Dan hasil panen. Hal tersebut merupakan cara berterimakasih kepada arwah leluhur.

Makanan istimewa Hari Chuseok adalah kue Songpyeon, yaitu kue yang berasal dari tepung beras diisi kacang atau wijen. Malam sebelum Hari Chuseok, semua anggota keluarga duduk bersama membuat kue songpyeon sambil melihat bulan. Buat para bujangan dan gadis mencoba membuat songpyeon sebagus mungkin. Mereka percaya dengan begitu mereka mendapatkan pasangan yang cantik atau tampan.

Pada hari Chuseok, orang-orang saling berbagi makanan, minuman keras dan permainan tradisional. Di meja makan, disuguhkan songpyeon, hasil panen antara lain wijen, kedelai, kacang merah, chesnut, dan kurma cina. Permainan tradisional di adakan beramai-ramai dan meriah, seperti sonori (permainan sapi), geobuknori (permainan kura-kura), ganggangsullae (tarian melingkar) dan sireum (bergulat).


Related Posts

About me

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Popular Posts